Glitter Words

Minggu, 18 Juli 2010

Mau di bawa kemana Liburan kuliah ini?


Sumber : Ardiansyah.blogspot.com

Libur Kuliah Bagi Mahasiswa: Saatnya Berkarya dan Meningkatkan Skill
July 10th, 2010 oleh: Ardiansyah S.T., M.Cs Leave a comment Go to comments

Libur panjang kuliah merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Setelah 1-2 minggu berperang dengan ujian akhir semester, akhirnya datang juga hari “kebebasan” itu, ya LIBUR PANJANG di akhir semester!

Tidak disangkal lagi nyaris seluruh mahasiswa larut mengharu biru dengan datanya liburan. Bagi yang berasal dari luar kota sudah jauh-jauh hari membeli tiket pulang kampung untuk mudik mengunjungi orang tua, saudara dan teman di kampung. Tidak sedikit pula yang sudah merencanakan perjalanan liburan ke berbagai tempat. Ya, semua agenda mahasiswa sudah dipenuhi nuansa bersenang-senang dan rileks, yang kalau diperhatikan akan jauh dari nuansa akademik perkuliahan.

Semua kegiatan liburan di atas tidaklah buruk, toh sebagai manusia mahasiswa juga butuh refreshing bukan? Masak tiap hari harus kuliah, belajar, di laboratorium, buat tugas dari dosen dll. Stress lah… Namun, terlepas dari itu semua pada tulisan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya bagaimana menjalani musim liburan tersebut ketika masih jadi masiswa S1 dulu.

Bagi saya pribadi, libur panjang adalah saat-saat yang ditunggu. Karena dengan adanya libur panjang yang bisa sampai 2-3 bulan itu, saya dapat meningkatkan karya-karya produktif di bidang tulis menulis dan juga meningkatkan kemampuan teknis di bidang komputer yang saya geluti. Terus terang tidak ada agenda liburan seperti yang tergambarkan di atas. Bagi saya dulu, liburannya ya menulis buku dan membuat program baik dalam rangka latihan biasa atau untuk mengerjakan proyek kecil-kecilan. Bahkan sudah ditargetkan bahwa paling tidak selama libur tersebut saya bisa menyelesaikan satu buah buku.

Nah, apa pelajaran yang kita dapat dari dua kondisi yang kontras di atas? Alasannya begini, sebagai mahasiswa kita harus jeli dalam melihat liburan yang di depan mata. Sekilas memang pulang mudik atau jalan-jalan sangat menyenangkan, siapa sih yang nggak mau senang-senang? Tapi ingat, memang di balik kesenangan tentu ada konsekuensi yang harus dibayar. Begitu pula sebaliknya dibalik kerja keras dan tidak liburan santai tentu ada hasil yang akan dinikmati kelak. Mari kita kalkulasi bersama. Anggap saja libur yang akan dijalani selama dua bulan. Bagi mahasiswa yang menghabiskannya dengan pulang kampung, dan atau jalan-jalan tentu yang akan didapatkan tentu saja rasa senang, bahagia, fresh dan mungkin terkesan sedikit hura-hura. Dari sisi finansial tentu sudah berapa ratus ribu atau bahkan juta rupiah yang telah dihabiskan sepanjang liburan tersebut.

Mari kita lihat yang mengisi liburan dengan kegiatan yang agak berbeda. Bila dalam dua bulan tersebut bisa menyelesaikan satu buah buku, tentu akan ada beberapa manfaat yang diraih sebagai mahasiswa. Mulai dari kemampuan menulis yang semakin baik, personal branding yang semakin meluas, dan pemasukan finansial yang semakin bertambah.

Ada contoh lain misalnya selama liburan panjang tersebut dihabiskan dengan mengikuti kursus dan pelatihan yang menunjang keahlian yang ditekuni misalnya bahasa Inggris, pemrograman, teknisi, dll. Sehingga pascaliburan kemampuan mereka akan melejit jauh melebihi dengan mahasiswa yang hanya liburan “biasa” tersebut bukan. Bisa juga bagi yang lemah dalam mata kuliah-mata kuliah tertentu, atau kemampuan teknis tertentu, maka di masa liburan ini menjadi ajang yang sangat berharga untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut beserta meningkatkan skill kemampuan yang memang dirasa lemah/kurang, sehingga ketika masuk kuliah kembali, mereka datang dengan kekuatan ilmu dan pengetahuan yang semakin kuat dan matang.

Tulisan ini tidak bermaksud menyepelekan yang menjalani liburan biasa/refreshing dan begitu pula sebaliknya. Tulisan ini secara tulus bermaksud mengajak mahasiswa untuk lebih jeli, cerdas dan selektif dalam menentukan agenda yang akan dijalankan selama liburannya kelak. Pada akhirnya toh Anda sendiri yang akan menjalani dan menikmati “hasil” dari liburan yang pilih tersebut bukan?…. Selamat berlibur…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

me in every time's

me in every time's
Action in Red Campus